Selasa, 12 April 2016

0



Pentingnya Pendidikan Agama Pada Anak Usia Dini

            Setiap orang tua pasti menginginkan anak-anaknya sukses dan bahagia baik dimulai dari masa mudanya hingga masa tuanya. Orang tua juga rela berkorban demi kebahagiaan anak-anaknya dalam hal apa pun. Serta orang tua pasti menginginkan anak-anaknya lebih sukses dari mereka. Maka mereka berusaha mendidik anak-anaknya kearah yang baik. Demi kesuksesan anak-anaknya di masa yang akan datang.
            “Menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim” (HR. Ibnu Majah).  Hadist diatas merupakan hadist sahih yang menjelaskan bahwa pendidikan itu sangat penting. Karena ilmu menjadi pedoman dalam keberlangsungan hidup manusia. Untuk mengetahui secara benar dan tepat dalam menempatkan sesuatu masalah yang dihadapi.
            Untuk memulai pendidikan bisa diawali oleh pendidikan usia dini. Karena menurut penelitian pada saat usia dini 0-6 tahun, otak dapat berkembang sangat cepat hingga 80%. Pada saat usia tersebut otak dapat menyerap dan menerima berbagai macam informasi, namun tidak bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Saat itulah masa-masa perkembangan fisik, mental dan spiritual anak berkembang dan terbentuk. Sehingga banyak  yang menyebut masa-masa ini sebagai masa emas (golden age).
            Salah satu pentingnnya pendidikan pada anak usia dini ialah sikap spiritual. Karena menurut saya faktor kognitif  tidak hanya cukup untuk untuk membangun kesuksesan seseorang. Kecakapan dalam membangun hubungan spiritual  sangat lebih berpengaruh dalam membangun kesuksesan. Untuk membentuk emosional diri sendiri dan pada lingkungan. Sebagai pelaksanaan dan penghayatan diri kita kepada sang pencipta yaitu Allah SWT.
            Dukungan dari orang tua juga sangat dibutuhkan karena sebagai pengantar dalam pembentukan sikap spiritual anak. Orang tua sebagai contoh pertama dalam lingkup keluarga seharusnya menciptakan lingkungan yang religious. Membiasakan anak-anaknya untuk selalu mengingat sang pencipta. Membenarkan tingkah laku anak yang tidak sesuai dengan ajaran agama.
            Serta dukungan dari lingkungan yang menjadi faktor ke 2 dalam pembentukan karakter spiritual anak. Anak akan dikenalkan bagaimana cara beradaptasi yang baik sesuai dengan aturan-aturan yang ditentukan oleh agama. Maka sebagai orang tua kita harus mampu memilih lingkungan mana yang baik bagi anak kita. Dalam sebuah pepatah apabila kita bergaul dengan penjual minyak wangi, maka kita akan terkena wanginya minyak wangi yang ia jual. Namun, apabila kita berteman dengan penjual tukang ikan, maka kita akan terkena wanginya amis ikan itu. Seperti itulah imbas dari lingkungan sekitar.
            Ada beragam metode-metode pendidikan karakter yang bisa diterapkan kepada anak-anak. Pertama, metode hiwar atau percakapan silih berganti antara dua pihak atau lebih melalui tanya jawab mengenai satu topik. Kedua, metode qishah atau cerita merupakan penelusuran terhadap kejadian masa lalu sebagai contoh keteladanan dan edukasi. Ketiga,pembiasaan kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang agar menjadi suatu kebiasaan. Keempat, metode uswah atau keteladanan, metode ini lebih efektif dan efisiens karena pada dasarnya anak pada usia ini lebih suka meniru atau mencontoh. Heri Gunawan, Pendidikan Karakter, hal 88.


            Sikap spiritual akan terbentuk pada anak usia dini apabila kita bisa meyakinkan anak-anak secara faktual. Karena anak usia dini mampu menerima signal pengetahuan sebanyak mungkin. Anak usia dini juga membutuhkan pendamping sebagai penujuk ke arah yang benar. Dimulai dari lingkungan terdekat, yang mampu mengjarkan bagaiman sikap spiritual yang baik. Selalu bersyukur pada pemberiaan Allah SWT. Serta melaksanakan segala kewajiban-kewajiban bagi umat muslim. Sehingga nantinya anak bisa memaknai apa maksud dari kehidupan ini. Dan mampu mengontrol emosianl di lingkungannya.
           

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut